Home

Mau Investasi Smart Home? Kenali Dahulu Fitur-fiturnya

Dalam penyelenggaraan Indocomtech 2015 di Jakarta Convention Center pada 28 Oktober 2015 hingga 1 November 2015, smart home diperkenalkan ke publik. Apa itu smart home? Akhir-akhir ini Anda sering mendengar istilah tersebut dan sudah familiar di telinga. Namun, Anda belum paham betul konsep smart home yang belakangan ini sering malang melintang di dunia properti. Smart home sejatinya merupakan cerminan rumah berbasis teknologi di masa depan.

smart home

Konsep smart home memudahkan penghuni mengontrol semua kegiatan dalam satu perangkat

Tampilan dalam smart home  sangat berbeda dengan rumah konvensional. Smart home sangat menonjolkan kecanggihan teknologi. Fitur-fitur yang tersemat pun sudah canggih dan modern, bahkan Anda bisa mengontrol kegiatan di dalam ruangan hanya dengan mengaktifkan satu remote.

Di Indonesia, konsep smart home ini sudah mulai ditawarkan oleh beberapa pengembang. Hal ini dilakukan untuk menarik minat pasar yang terus menginginkan inovasi pada tempat huniannya. Masyarakat tentu perlu kenyamanan dan keamanan di dalam rumah. Dan smart home tak hanya diterapkan pada rumah saja, namun sudah menyasar pada hunian tingkat seperti apartemen.

Konsep rumah pintar ini memang didominasi oleh aplikasi teknologi. Aplikasi inilah yang memudahkan penghuni rumah maupun apartemen untuk menyalakan dan mematikan lampu, mengaktifkan air conditioner, televisi, perangkat elektronik hingga sistem otomatisasi untuk operasi pintu dan jendela, hanya melalui remote atau telepon seluler. Pun, ada juga yang menyematkan fitur mood lamp yang berfungsi mengubah warna lampu di dalam ruangan. Lampu tersebut bisa diatur lebih terang atau lebih redup sesuai dengan kebutuhan si penghuni.

Smart home memang menjadi ‘mainan’ baru bagi para pengembang. Selain karena melihat permintaan pasar yang perlu inovasi dalam tempat hunian, developer menganggap rumah pintar berbasis teknologi ini akan jadi prospek cerah dalam sektor properti khususnya perumahan. Bagi pengembang yang berhasil membangun smart home punya nilai plus tersendiri.

Desi Yuliana, Direktur Marketing PT Megapolitan Developments, Tbk. menuturkan, kehadiran perangkat smart home bukan sekadar tren, tapi sudah menjadi kebutuhan bagi masyarakat modern saat ini.

“Penerapan konsep rumah pintar menambah nilai plus bagi developer. Dengan menerapkan konsep ini tentu bakal membuat kami menjadi pengembang yang inovatif”, paparnya.

Pun, penggunaan smart home akan menguntungkan bagi kedua belah pihak, yaitu si penghuni dan juga developer. Mengapa demikian? Bagi penghuni, keberadaan smart home mumpuni menyuguhkan kenyamanan, bahkan ketika si penghuni meninggalkan rumah, ia tak perlu khawatir karena mereka bisa mengontrolnya setiap saat. Penerapan konsep smart home akan mampu mengubah gaya hidup masyarakat modern saat ini.

Sementara bagi developer, mengembangkan smart home menjadi nilai plus bagi mereka. Para pengembang yang telah membangun smart home terbilang inovatif dan mampu mengikuti tren pasar. Dengan begitu, mereka akan dicari oleh pasar yang mengidamkan perubahan dalam gaya hidup.

Lantas, berapa harga yang harus dibayar untuk memiliki rumah modern ini? Dilansir dari beberapa sumber, harga smart home yang paling murah dibanderol Rp 500 juta. Dan yang termahal bisa mencapai Rp 5 miliar. Harga tersebut tentu sepadan dengan fasilitas yang ditawarkannya.

Ada beberapa konsep smart home yang sudah mulai ditawarkan di Indonesia, khususnya Jabodetabek. Di daerah Jakarta Timur, perumahan dengan nama Pasadenia Residence hadir berbekal teknologi canggih. Fitur yang tersemat dalam rumah seluas 150 meter persegi ini antara lain mengendalikan hampir seluruh instalasi rumah, mulai dari televisi, pendingin udara dan perangkat elektronik lainnya.

Sementara itu di kawasan Serpong, konsep smart home berdiri megah di perumahan Botanica Valley yang menjadi proyek IndiHome Telkom . Rumah pintar di daerah ini dibanderol dengan harga Rp 400 juta hingga Rp 1 miliar. Dan kelebihan yang ditawarkan adalah personal PIN ID, yang memungkinkan setiap penghuni mempunyai akses pengaturan rumah pintarnya. Mulai dari instalasi lampu, pendingin udara, kamera CCTV bahkan panic button, di kendalikan langsung dari ponsel pintar.

Anda bisa juga menjadikan smart home ini sebagai portofolio investasi Anda. Sebelum memutuskannya sebagai investasi properti Anda, kenali dahulu keunggulan smart home.

Mengontrol keadaan rumah setiap saat

smart home 5

Meskipun Anda harus meninggalkan rumah selama berhari-hari, Anda tak perlu risau. Seperti namanya, rumah pintar, maka kemampuan untuk memproteksi isi ruangan tak perlu diragukan.  Beberapa pengembang mengaplikasikan teknologi pada rumah Anda yang memungkinkan Anda untuk membuka dan menutup tirai melalui komputer atau gadget Anda. Untuk keamanan, Anda juga dimungkinkan memantau rumah melalui kamera pengawas (CCTV) yang dipasang di beberapa sudut ruangan. Sehingga Anda bisa mengontrolnya setiap saat.

Keamanan sangat terjamin

smart home

Adanya smart home bisa jadi meminimkan tingkat pencurian. Pasalnya, ada beberapa smart home yang dibenamkan pintu berbasis teknologi. Bukan lagi mengandalkan kunci sebagai jalan pembuka lubang pintu, melainkan sudah menggunakan kartu, sidik jari, atau password. Artinya, hanya si penghuni rumah yang bisa mengakses untuk masuk ke dalam rumah.

Di samping itu, Anda bisa melihat wajah tamu secara yang berkunjung ke rumah secara close up melalui tablet yang terkoneksi dengan kamera. Bukan cuma itu, Anda pun bisa melakukan interaksi dengan mereka. Dan jika Anda merasa bahwa ada tamu tak diundang sedang berdiri di depan rumah Anda,  bisa langsung menghubungi kantor polisi lewat peranti yang terpasang di smart home.

Kendali dalam satu perangkat

smart home

Mau menyalakan lampu ruang tamu tapi Anda malas beranjak dari tempat tidur? Atau mau mengaktifkan air conditioner saat masih berada di jalan menuju pulang? Semua bisa Anda lakukan hanya dalam satu genggaman. Pada konsep smart home, segala pengaturan produk elektronik mulai dari televisi, DVD, sound system, hingga lampu akan dikendalikan dalam sebuah gadget. Anda cukup mengontrolnya sehingga tidak perlu khawatir dengan jumlah remote yang banyak.

Alarm setiap agenda penting

smart home

Anda termasuk orang yang pelupa karena banyak sekali jadwal meeting yang harus dijalani selama seminggu? Nah, konsep smart home ini membantu Anda untuk mengingat setiap agenda yang telah Anda rencanakan. Karena terhubung dengan gadget, Anda bisa mengaplikasikan agenda untuk ditampilkan di kaca atau disebut smart mirror. Bukan hanya itu saja smart mirror berfungsi menampilkan animasi tampilan padu-padan pakaian untuk memilih baju secara virtual. Smart mirror sendiri terbuat dari layar LED ataupun touch screen.

Fasilitas hiburan yang modern

smart home

Konsep rumah pintar ini benar-benar menyuguhkan kenyamanan dan keamanan dan sang penghuni. Bahkan ada pula pengembang yang menawarkan fasilitas hiburan bermain game secara virtual di dalam rumah. Hana dengan menggunakan sebuah kacamata yang terhubung dengan peralatan, Anda sudah bisa bermain secara tiga dimensi. Sehingga, Anda pun bakal menjalani sebuah permainan layaknya di dunia asli.

Ramah lingkungan dan energi

smart home 7

Ternyata konsep rumah pintar ini juga menjunjung tinggi ecogreen atau ramah lingkungan. Seperti yang diterapkan oleh PT Dalea Nusantara Mandiri pada rumah pintar miliknya di Platara @Pondok Pinang. Demi mengusung efisiensi energi untuk kehidupan yang berkelanjutan, rumah pintar di sini dibekali sistem penampungan air hujan sebagai alternatif dari penyedotan air tanah. Bahkan Anda bisa meminum air secara langsung berkat teknologi Reverse Osmosis system. Selain itu untuk kebutuhan listrik sehari-hari, rumah ini memanfaatkan tenaga surya. Hasilnya, penggunaan listrik PLN bisa dihemat 10 hingga 20 persen.

Sumber: aturduit.com

You May Also Like

About the Author: caswanto

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: